Kurva dalam Fotografi

Kurva Dalam Fotografi

Dalam fotografi, kurva (garis melengkung) merupakan salah satu bentuk yang dapat menambah daya tarik visual sebuah foto.  Mengapa demikian ? karena bentuk kurva tersebut dinamis, anggun, luwes dan dapat dianggap sebagai bentuk yang seksi. Bentuk kurva itu sendiri dapat kita temui dalam banyak hal, untuk kurva alami antara lain yaitu tubuh model, garis pantai, aliran sungai yang dilihat dari atas, ujung dedaunan, kelopak bunga, kerang, dan lain sebagainya.

Jika kita perhatikan, bentuk kurva ini, baik alami maupun buatan manusia, sering kita temui sehari-hari dalam berbagai situasi. Objek buatan manusia yang memiliki elemen kurva yang kuat, dapat kita lihat dalam pemandangan sehari-hari misalnya jalan layang, tangga, rel kereta, konstruksi gedung, sudut jam dinding, grafik, busur panah, dan lain-lain. Selain itu, jika kita jeli memperhatikan, bentuk kurva ini pun dapat muncul di tempat-tempat yang tak terduga.

Kurva Dalam Fotografi

Salah satu cara memperoleh foto yang bagus adalah dengan cara mencari kurva yang tersedia di sekitar kita, baik kurva alami maupun buatan manusia. Selanjutnya kita dapat memotret kurva  dengan sudut yang tepat agar kurva itu dapat menjadi penopang foto yang akan kita hasilkan tersebut.

Yang paling sering digunakan dalam fotografi adalah kurva berbentuk huruf “S” atau yang biasa disingkat kurva-S. Contohnya adalah sungai yang berkelok-kelok dan jalan pegunungan yang berliku, merupakan subjek ideal untuk menghasilkan komposisi ini. Dapat pula ditambah mobil dan pohon untuk menambah aksen. Dengan garis-garis berbentuk kurva ini maka akan menambah kesan pergerakan pada gambar yang tadinya statis, bisa menjadi lebih dinamis serta dapat menghadirkan kedalaman perspektif dari foto tersebut.

Teknik ini juga bisa diterapkan pada subjek yang tidak berbentuk huruf “S”, contohnya yaitu daun. Daun yang tumbuh pada pohon dapat menyerupai huruf “S”. Disamping lansekap alami, komposisi kurva “S’ juga dapat diterapkan pada aksesori pemotretan dan benda kecil lainnya. Jika Anda tidak memiliki benda apa pun yang bentuknya huruf “S”, cukup dengan mengaturnya agar membentuk huruf “S”, sehingga benda tersebut terlihat tidak monoton.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!