Pengertian Fotografer dan Fotografi

Pengertian Fotografer Dan Fotografi

Diantara kita pasti sudah tidak asing dengan istilah fotografer dan fotografi, namun tahu kah pengertian dari fotografer dan fotografi? Walaupun kita selalu mendengar istilah tersebut namun tidak menutup kemungkinan masih tidak mengerti secara harfiah atau termonologi dari fotografer dan fotografi. Baiklah untuk pembahasan pertama, akan mengulas mengenai pengertian fotografer.

Pengertian Fotografer

Fotografer menurut kamus bahasa Indonesia diartikan sebagai tukan potret atau juru foto. Tentu definisi diatas masih sangat sederhana namun belum memberikan penjelasan secara rinci. Sedangkan menurut Wikipedia, fotografer merupakan orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subjek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya dan biasanya untuk memotret diperlukan teknik sehingga bisa menghasilkan karya seni yang bagus dan berusah mengembangkan ilmunya tersebut.

Pengertian Fotografer Dan Fotografi

Pengertian fotografi memang memberikan banyak definisi, dan jika dilihat dari sekarang fotografer dibedakan menjadi dua yaitu fotografer amatir dan pro. Pada umumnya amatir disematkan dengan pengertian orang yang hanya menyukai sesuatu sedangkan pro disematkan kepada orang yang ahli dalam suatu bidang dan bisa menghasilkan uang. Namun istilah ini menjadi kabur dan tidak tepat, namun pada intinya bahwa fotografer amatir bisa dianggap dengan fotografer yang hanya sekedar hobi saja yang mana hanya mengabadikan sebuah momen dalam bentuk fotor. Sedangkan fotografer fro bisa dibilang sebagai profesi karena sudah menjadi bidangnya dan bertanggung jawab untuk menghasilkan karya seni yang bisa dikonsumsi oleh khalayak.

Pengertian Fotografi

Fotografi sangat melekat dengan fotografer yang mana masih berhubungan dengan foto. Namun apa pengertian yang sebenarnya dari fotografi? Baiklah, fotografi pada umumnya merupakan aktivitas untuk mendapatkan hasil gambar yang ditangkap menggunakan kamera. Sedangkan menurut Wikipedia, fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani uairu “Photos”: cahaya dan “Grafo”: Melukis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya.

Namun juga ada beberapa ahli yang mendefinisikan fotografi dengan beberapa pengertian. Seperti Daniek G Sukarya yang mengartikan bahwa belajar fotografi adalah belajar melihat. Sedangkan menurut Muchael Langford mengartikan bahwa pada dasarnya fotografi adalah kombinasi imanjinasi dan desain visual, ketrampilan, kerajinan dan kemampuan pengorganisasian secara praktis.

 

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!