Pengertian Ruang Negatif

Pengertian Ruang Negatif

Tidak semua orang memahami dan mengerti dengan yang dimaksud ruang negatif. Ruang negatif atau dikenal dengan white space sangat dimanfaatkan oleh banyak fotografer untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Bahkan dengan memanfaatkan ruang negatif ketika saat memotret akan menghasilkan karya seni yang berkelas. Ruang negatif ini tidak terikat, tidak terencana atau pun tidak dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan karena kamu hanya bisa mendapatkan pada tempat dan waktu tertentu saja.

Ruang negatif merupakan ruang yang mengelilingi objek utama sebuah foto. Misalkan jika kamu memotret burung diantara langit biru yang luas maka yang menjadi ruang negatif adalah langit tersebut karena sasaran memotret kamu adalah burung tersebut.

Pengertian Ruang Negatif

Ruang negatif memang tidak terbatas jika digunakan untuk kebutuhan seni namun sebaliknya ruang negatif tersebut sangat dibutuhkan karena menjadi salah satu elemen yang penting karena hasilnya yang lebih menarik perhatian dengan fokus ke satu objek saja. Terutama dalam dunia fotografi, pemanfaatan ruang negatif justru banyak digunakan oleh fotografer untuk menghasilkan karya seni yang berbeda. Untuk mendapatkan ruang negatif maka kamu harus sabar menunggu momen yang tepat untuk mendapatkan hasil foto yang apik.

Ruang negatif dalam fotografi bertujuan untuk menobnjolkan objek utama foto sehingga mata akan terfokus pada objek tersebut. Jika kamu menggunakan ruang negatif ini dengan benar maka kamu akan menemukan keseimbangan yang harmonis dengan ruang positif. Memang untuk mendapatkan keseimbangan ini sedikit sulit untuk dilakukan, namun apabila kamu berlatih maka kamu akan terbiasa untuk mendapatkan hasil gambar yang seimbang.

Lalu bagaimana cara menggunakan ruang negatif dalam fotografi?

Untuk mendapatkan hasil gambar dengan ruang yang seimbang antara negatif dan positif maka yang perlu kamu perhatikan adalah komposisi foto. Jadi ketika kamu mengatura komposisi foto maka atur ruang positif dan ruang negatif yang akan kamu jepret. Tidak semua hasil yang menarik bisa kamu masukkan jika menginginkan ruang negatif sebagai dominasi pada jepretan kamu. sebaiknya memperhatikan komposisi foto dengan baik sehingga hasilnya pun akan lebih maksimal.

Foto yang bagus memang memiliki banyak pandangan, salah satunya adalah gambar yang seimbang. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil gambar yang seimbang kamu harus mengenal dengan baik ruang negatif. Penggunaan ruang negatif merupakan salah satu elemen yang penting dalam dunia fotografi yang digunakan pada kompisisi artistik yang akan membantu mendefinisikan objek dengan jelas.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!