Tips Foto Star Trail

Tips Foto Star Trail

Foto star trail merupakan foto dengan hasil pergerakan bintang. Hasil foto tersebut sangat menarik karena begitu banyaknya pemandangan bintang yang terekspos di langit saat malam hari. Mungkin untuk mendapatkan hasil foto dengan bintang yang banyak sangat sulit dilakukan sekarang karena faktor cuaca yang tidak menentu. Tapi akan sangat menarik ketika cuaca pada malam hari sangat cerah dan memperlihatkan ribuan bintang berada di langit yang gelap.

Untuk mendapatkan hasil gambar dengan latar pergerakan bintang atau star trails memang cukup lah mudah, asalkan kamu memperhatikan beberapa cara yang disarankan. Pada dasarnya, foto star trail bisa didapatkan dengan cara memotret long exposure sehingga pergerakan bintang terekam sebagai garis lintasan bintang dalam foto.

Tips Foto Star Trail

Sebelum kamu melakukan pemotretan di alam terbuka untuk mendapatkan hasil star trails maka kamu harus menyiapkan beberapa perlengkapan. Diantaranya adalah tripod, kenapa harus menyiapkan tripod? Sebab, tripod sangat cocok digunakan untuk teknik long exposure sehingga hasil gambar bisa stabil. perlengkapan lain adalah remote atau cable release untuk menghindari shake dari tangan dan jari ketika menekan tombol shutter.

Berikut tips memotret foto star trail yang perlu kamu perhatikan:

  1. Perhatikan komposisi foto yang baik. Pada umumnya, gunakan rule of third yaitu menempatkan tanah di sepertiga bawah foto.
  2. Atur Aperture. Sebenarnya untuk mendapatkan hasil foto star trail hampir sama dengan hasil foto saat malam hari. Pilih aperture (f3,5 atau f2,8)
  3. Atur ISO. Sebaiknya jangan atur ISO terlalu tinggi agar tidak mengahasilkan noise yang terlalu banyak. Atur ISO sekitar 800-1600.
  4. Untuk pengambilan exposure sebaiknya lebih singkat yaitu antara 20-30 detik, kemudian matikan noise reduction. Atur juga intervalometer pada kisaran 3-5 detik karena jika terlalu lama maka jejak bintang akan terputus-putus.

Langkah ini merupakan cara yang paling efektif karena long-exposure membutuhkan waktu yang panjang hingga berjam-jam sehingga cahaya yang masuk ke sensir berintensitas tinggi yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kamera digital.

  1. Gabungkan serangkaian foto yang telah kita ambil menggunakan software pengolah gambar.

Setelah pengeditan gambar maka foto star trail sudah bisa kamu nikmati, kamu bisa melakukannya lagi sesuai dengan keinginan kamu.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!