Tips Fotografi Memotret Bulan

Tips Fotografi Memotret Bulan

Memotret satelit bumi, pastinya tidak semudah kelihatannya. Untuk membidik bulan dengan hasil yang indah dipandang mata, baik ketika bulan tersebut penuh maupun tidak penuh (sabit), diperlukan teknik yang tepat agar menemukan eksposur yang tepat. Seperti yang sering dikatakan banyak orang, bahwa memotret lunar atau yang berhubungan dengan bulan itu merupakan fotografi yang mahal. Hal tersebut benar adanya karena untuk mendapatkan foto bulan yang sangat detail, memerlukan lensa tele yang harganya cukup mahal.

Meskipun demikian, jauhkan anggapan tersebut, karena kita juga bisa mendapatkan foto bulan yang fantastis dengan peralatan yang kita miliki. Berikut DIY Kamera akan memberikan tips untuk memotret bulan bagi Anda selayaknya seorang fotografer professional.

Yang harus diperhatikan dalam memotret bulan adalah waktu terbaik untuk membidiknya. Waktu terbaik tersebut yaitu pada saat senja (sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam), karena di waktu tersebut bulan dekat dengan cakrawala. Akan lebih bagus lagi jika ada sisa cahaya di waktu terbaik tersebut sehingga akan menambahkan warna yang menarik di langit dan di awan, tentunya hasil foto akan lebih terlihat atmosfer bulan tersebut.

Tips Fotografi Memotret Bulan

Selain itu, cobalah memotret di malam hari untuk mendapatkan keindahan bulan, caranya yaitu dengan menggunakan lensa panjang. Untuk mendapatkan waktu terbaik, Anda juga dapat menggunakan kalkulator moonrise dan moonset untuk menemukan fase bulan yang diinginkan.

Langkah selanjutnya yaitu jika Anda memiliki lensa tele panjang, gunakanlah lensa yang terpanjang, misalnya 300 mm untuk mendapatkan foto bulan secara detail. Anda juga bisa menggunakan teleconverters untuk mendapatkan foto bulan yang detail.

Jika Anda tidak memiliki lensa tele, Anda dapat menggunakan lensa apapun, bahkan yang memiliki sudut lebar sekalipun. Untuk komposisinya, Anda harus menyesuaikan komposisi yang sesuai. Anda bisa memotret bulan melalui celah tumbuhan atau naik di atas pegunungan untuk mendapatkan siluet yang dapat menambah suasana dan konteks foto.

Gunakan tripod yang kokoh dan stabil agar mengurangi goyangan kamera saat membidik. Ketika membidik, settinglah kamera dengan pengaturan secara manual engan mengatur diafragma f/11, atur kecepatan ISO Kamera sekecil mungkin, misal ISO 100, dan kecepatan rana 1/1250 perdetik. Selain itu, gunakan autofokus kamera Anda untuk fokus di bulan, kemudian beralih ke mode fokus manual untuk mengunci jarak fokus.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!