Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye

Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye

Mungkin masih banyak yang belum tahu mengenai istilah fotografi satu ini. Nah, disegmen ini DIY Kamera akan mengulas mengenai frog eye dan tips menggunakan komposisi frog eye ini. Komposisi frog eye ini merupakan komposisi fotografi yang dalam bahasa inggrisnya biasa disebut Frog’s Eye View, yaitu sudut pandang kamera dari posisi di bawah subjek. Dalam proses pembidikannya, biasanya kamera (hampir) menyentuh tanah dan kamera di angkat (tilt) ke atas sesuai dengan komposisi yang dikendaki pembidik.

Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai penggunaaan komposisi frog eye ini, simak tips dari DIY Kamera berikut ini :

Komposisi frog eye biasanya digunakan untuk membuat kesan tinggi atau megah dari objek utama, seperti misalnya gedung, bangunan, tugu, dan lain sebagainya. Selain itu, komposisi frog eye ini juga dapat digunakan untuk mengambil objek fotografi hewan, anak kecil, atau objek yang lebih rendah, sehingga objek yang rendah tersebut akan terkesan tinggi dan lebih sempurna.

Komposisi frog eye ini juga bagus untuk memberi dimensi ke fotografi landscape yang foregroundnya datar, misal padang pasir dan juga dapat dipakai untuk teknik fotografi levitasi, yang dapat memisahkanobjek dengan garis horison. Teknik ini akan sangat membantu jika kamera Anda memiliki layar yang bisa diatur sudutnya. Jika Anda belum memiliki kamera yang lensanya dapat diatur tiap sudutnya, maka Anda dapat menggunakan cara ‘tiarap’ untuk membidik objek tersebut.

Memotret dengan teknik komposisi frog eye ini dapat Anda lakukan dengan lensa tele maupun wide-lens (lensa lebar), tergantung efek foto yang diinginkan. Jika Anda menginginkan objek atau model tetap proporsional, maka Anda dapat menggunakan lensa tele dan kemudian sedikit menjauh. Hal ini agar objek dapat lebih kecil juga. Jika Anda ingin obyek atau model terlihat seperti raksasa, maka Anda harus menggunakan lensa lebar, dengan cara Anda mendekat ke objek atau model, lalu kamera diangkat ke atas atau tilt up.

Sebelum Anda menggunakan teknik foto dengan komposisi Frog’s Eye View ini, sebaiknya Anda harus mencari objek yang menarik dan bernilai untuk difoto. Selanjutnya Anda juga harus berpikir apakah sebaiknya di bagian atas objek atau di bawah objek dan apakah angle sudah pas dengan komposisi yang seimbang. Selamat mencoba!

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!