Tips Membuat Efek Foto Starburst : Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang

Tips Membuat Efek Foto Starburst Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang

Pernahkan Anda melihat sebuah foto yang diambil di malam hari yang terdapat efek seperti bintang berpendar ? Efek tersebut dikenal dengan nama starburst, sehingga membuat hasil foto malam terlihat lebih keren. Kali ini DIY Kamera akan memberikan tips kepada kawan-kawan untuk dapat membuat efek starburst tersebut. SimakĀ  caranya berikut ini !

Tips Membuat Efek Foto Starburst Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang

Untuk membuat efek starburst ini, buatlah lensa kamera dengan bukaan sekecil mungkin. Artinya kita sebaiknya menggunakan angka aperture yang besar (f/11 sampai dengan f/22), dan sebaiknya memanfaatkan lensa yang memiliki focal length yang lebih pendek. Hal ini agar cahaya mengalami difraksi (penyebaran) saat melewati lubang sempit, karena sifat penyebaran cahaya inilah yang membuat sumber cahaya (lampu, bulan, matahari) akan terlihat berpendar dan memiliki lidah. Jumlah lidah ini akan bergantung pada jumlah bilah (blade) aperture dalam lensa Anda.

Untuk lebih detailnya, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Gunakan tripod agar kamera dapat kokoh sehingga tidak mengganggu aktivitas pembidikan.
  2. Perhatikan setting kamera, untuk jenis foto yang dibidik di malam hari, gunakan angka f yang besar, f/11 atau yang lebih besar. Setting ISO di angka rendah, di bawah 400, karena akan akan melakukan pemotretan berjenis long exposure. Dalam hal ini Anda juga dapat menggunakan mode manual atau aperture priority, perhatikan angka matering kamera. Untuk pemotretan di malam hari, biasanya ada kecenderungan hasil akan over exposure (terlalu terang), oleh karena itu gunakanlah exposure compensation dibawah 1 stop sebagai awalan, dan setelahnya sesuaikan sesuai kebutuhan.
  3. Setting fokus, dengan angka aperture yang besar sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan fokus. Jika ingin mengambil titik fokus manual, pilih infinity.
  4. Manfaatkan highlight alert kamera, yaitu peringatan yang muncul di layar kamera saat kita sedang memotret subyek yang terang, sehingga kita dapat mengetahui seberapa terang subjek tersebut.
  5. Terakhir, mulailah memotret dan jangan malas untuk mengulangnya jika hasil tidak seperti yang diharapkan.

Selamat mencoba.

 

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!