Tips Praktis Memotret Landscape

Tips Praktis Memotret Landscape

Untuk dapat menghasilkan foto landscape secara sempurna, tentunya kita harus mengetahui tips dan trik yang perlu dilakukan. Nah, kali ini DIY Kamera akan memberikan tips dan trik memotret landscape agar hasil bidikan Anda memuaskan.

Yang perlu kita perhatikan pertama kali saat memotret landscape ini adalah soal waktu, karena memotret landscape ini sangat berkaitan dengan golden time. Golden time ini maksudnya adalah waktu terbaik untuk memotret, yaitu satu jam menjelang dan dua jam setelah matahari terbit, serta dua jam menjelang matahari tenggelam dan satu jam setelah matahari tenggelam.

Tips Praktis Memotret Landscape

Satu jam sebelum dan sesudah matahari terbit atau tenggelam merupakan waktu yang bagus untuk merekam suasana. Di waktu ini, kita juga bisa mendapatkan blue hour yang bagus sekali. Sedangkan, dua jam sesudah matahari terbit dan dua jam sebelum matahari tenggelam itu untuk mendapatkan sinar matahari yang paling bagus. Dengan sinar yang lembut keemasan, maka lansekap akan terlihat indah dan sangat menarik.

Selanjutnya, untuk menghasilkan foto lansekap yang sempurna, tentunya kita perlu memotret dengan posisi low angle atau high angle untuk mendapatkan hasil yang berbeda dengan lokasi yang sama. Akan lebih bagus lagi jika kita sedikit menghindari spot yang biasa digunakan banyak orang sehingga hasil foto terlihat seikit berbeda dari foto yang sudah diambil oleh kebanyakan orang.

Untuk mendapatkan foto lansekap yang indah, suasana atau mood juga akan mempengaruhi pembidik foto. Biasanya jika kita baru sampai di spot tersebut di pagi buta dan spot itu jauh dari keramaian orang, serta terlihat sangat cocok seperti yang kita inginan, maka kita akan bersemangat untuk memotret lansekap tersebut. Tentunya dengan mood yang bagus tersebut, kita juga akan melakukan pembidikan secara sempurna. Begitu pun pula dengan suasana di sore hari.

Yang perlu diperhatikan lagi dalam memotret lansekap ini adalah ada baiknya jika Anda mensurvei lokasi terlebih dahulu sehari atau dua hari sebelumnya, sehingga kita dapat mengetahui dimana spot terbaiknya dan juga waktu terbaik kita tiba atau berada di lokasi tersebut. Jika ternyata Anda sudah melakukan survei lokasi dan pada hari pemotretan ternyata cuaca tidak mendukung, maka tetaplah Anda memotret yang setidaknya untuk referensi jika ingin memotret kembali.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!